Landasan Dasar Mendidik Anak

Sumber : pinterest



Setiap orang tua, pasti menginginkan anak-anaknya  mempunyai anak yang saleh, salehah, cerdas patuh terhadap orang tua. Namun banyak diantara kita menemui kendala dalam menerapkan pendidikan yang baik pada anak-anak kita. Anak yang satu dengan anak yang lain, mempunyai karakter dan sifat yang berbeda. Maka berbeda pula dalam menerapkan cara dalam mendidik anak kita.

Menurut saya landasan yang paling utama untuk kita terapkan kepada anak adalah keimanan. Karena jika anak kita mengenal nilai keimanan, menjadi anak yang saleh, maka akan lebih mudah menerapkan landasan yang lainnya.

Ada beberapa tips yang perlu kita perhatikan dalam mendidik anak:

1.Komunikasi
Ajak anak kita berkomunikasi dengan baik, benar dan sopan. Pahami apa yang ingin dia ungkapkan. Jangan pernah membanding-bandingan anak kita dengan anak yang lain, karena ini bisa berdampak buruk pada anak. Anak akan merasa minder, merasa tidak dihargai dan disepelekan oleh orang tuanya hingga membuat si anak menutup diri pada orang tua dan lingkungan sekitar.

2.Penghargaan atau pujian
Setiap si anak melakukan kebaikan, maka jangan segan-segan untuk memberi pujian kepada ananda. Bila perlu berilah dia hadiah. Karena hal ini membuat anak merasa dihargai dan disayangi.

3. Bentuklah lingkungan yang baik di dalam rumah ataupun di lingkungan sekita rumah.
Karena lingkungan yang baik tentunya sangat berperan dalam tumbuh kembang buah hati.

4. Ajari disiplin
Ajarkan anak-anak kita untuk bersikap disiplin. Coba bunda bisa membuat sebuah aturan yang bisa diterapkan di dalam rumah, untuk melatih kedisiplinan ananda. Contohnya pulang sekolah ananda harus langsung pulang, jangan ngeluyur dulu bermain kerumah temannya. Atau setiap bangun tidur ajari anak untuk membereskan tempat tidurnya. Membereskan mainan yang berserakan. Atau jadwal nonton TV dengan belajar yang memang harus di perhatikan para Bunda, agar si kecil mulai belajar disiplin.

Itu beberapa tips ringan dari saya, semoga anak-anak kita kelak menjadi anak yang saleh. Anak yang berbakti dan patuh pada orang tua. Anak yang cerdas dan ceria.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semangkuk Ramen

RINDU NOVEMBER

Bagai Hujan di Padang Tandus