JENIPER


Jeniper?

Dari namanya cukup keren ya, seperti nama artis barat yang fenomanal. Tapi di sini saya tidak akan membahas tentang artis barat. Yang akan saya bahas adalah artis food combining.

Jeniper di sini bukan artis, bukan pula nama kucing peliharaan, apalagi nama mantan, ups ..., hahaha. Jadi jeniper itu singkatan dari jeruk nipis peras.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah menulis artikel tentang jeniper. Tapi rupanya masih banyak yang bertanya tentang manfaat jeniper. Banyak sekali manfaat dari jeniper. Namun, dalam food combining  sebenarnya manfaat yang diambil adalah sebagai pembersih liver. Saat malam hari di waktu kita tidur, liver bekerja keras memisahkan racun dari tubuh kita. Dan disaat kita bangun meminum jeniper agar liver segar kembali. Selain itu jeniper secara alami memiliki daya cleansing yang ampuh untuk pencernaan dan menstimulasi enzim-enzim pencernaan.

Bagaimana cara membuat jeniper yang benar?

Jika kemaren ada temen yang kekeh bilang pembuatan jeniper dengan menggunakan air dingin, itu salah kaprah.

Cara:
1 buah jeruk nipis, diperas.
1 gelas air hangat.
Campur perasan jeruk nipis ke dalam air hangat, aduk dan segera minum. Jangan di taruh ke kulkas dulu ya. Jangan di campur gula ataupun madu.

Manfaat jeniper:

1.Memperlancar pencernaan
Kandungan serat dan asam yang sangat tinggi dalam jeruk nipis sangat membantu melancarkan pencernaan.

2.Membantu menurunkan berat badan
Dalam jeniper terdapat serat pectin yang mampu mengurangi rasa lapar yang berlebihan, sehingga anda tidak merasa lapar. Saya sudah membuktikan sendiri, di usia saya yang hampir 30 tahun dan sudah memiliki anak, badan saya tetap langsing seperti waktu gadis, hihihi (jangan baper ya).

3.Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan vitamin c dalam jeruk nipis memberikan perlindungan terhadap penyakit. Vitamin C ini bertindak sebagai antioksidan alami. Tubuh mampu melawan radikal bebas yang tentunya juga  mampu menghambat penuaan dini.

4.Membantu meningkatkan kesehatan mata
Kandungan flavonaid yang terdapat dalam jeruk nipis dapat memberikan perlindungan pada mata terhadap iritasi dan infeksi.

5.Pencegah Kanker
Karena dalam jeruk nipis juga terkandung kalsium dan folat, serta nutrisi yang penting untuk wanita menoupouse dan ibu hamil. Juga terkandung limonoid yang terbukti ampuh menurunkan resiko kanker usus besar, darah dan lambung.

Jika di uji lebih jauh lagi, masih banyak manfaat yang sangat luar biasa dari jeniper.
Jadi jangan ragu ya untuk memulai meminum jeniper hangat setiap pagi hari, setelah bangun tidur saat mulut masih kering.

Sehat itu adalah anugerah tuhan yang sangat luar biasa. Sehat itu adalah harta yang paling berharga dari apapun yang ada di dunia ini.

Hidup sehat, hidup bahagia, hidup berkwalitas.

Sumber: Buku Think pink, Buku Food Combining, dan berbagai artikel FC.

Komentar

  1. Mb nana,, thanks ilmunya,,
    Kalau utk penderita sakit maag, apakah baik jga utk dikonsumsi? karena jeruk nipis kan sifatnya asam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh ko di konsumsi, karena asam dari jeruk nipis itu bersifat basa. Saya pu. Penderita maag dulu, tapi alhamdulillah setelah rutin jeniper bahkan tidak pernah maag kambuh, lambung saya aman. Jadi satu tahun ini saya sembuh dari maag.

      Hapus
    2. Boleh ko di konsumsi, karena asam dari jeruk nipis itu bersifat basa. Saya pu. Penderita maag dulu, tapi alhamdulillah setelah rutin jeniper bahkan tidak pernah maag kambuh, lambung saya aman. Jadi satu tahun ini saya sembuh dari maag.

      Hapus
    3. Ohh... Iya Mb. Kayakny bakal dicoba resep ini...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semangkuk Ramen

RINDU NOVEMBER

Bagai Hujan di Padang Tandus